Tips Meredakan Rasa Gatal Saat Terserang Cacar Air

Anda pernah terkena penyakit cacar air? Jenis penyakit yang di tandai dengan timbulnya bintik-bintik kecil di sekujur tubuh dengan adanya cairan di dalam bintik tersebut adalah pertanda bahwa Anda terserang cacar air. Cacar air biasanya bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa dengan ketentuan hanya akan di alami sekali dalam seumur hidup. Dan biasanya cacar ini akan menular melalui belanja tas https://kwtas.com/sale/bimba-y-lola/ murah branded sentuhan kulit secara langsung. Maka dari itu sangat penting di lakukan pencegahan salah satunya adalah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita cacar air agar supaya Anda terhindar dari penularan cacar air terutama jika Anda belum pernah terkena penyakit cacar air.

Beberapa Cara Untuk Meredakan Rasa Gatal Karena Penyakit Cacar Air

Biasanya yang di keluhkan dari penderita cacar air adalah adanya rasa gatal yang amat sangat tak tertahankan. Namun meski sangat gatal, keinginan untuk menggaruk pun di tahan sebisa mungkin karena bisa membuat bintik yang berisi air pecah yang kemudian bisa berakibat pada lebih parahnya penyakit cacar air yang di derita. Nah kali ini kami akan membahas tentang beberapa cara yang efektif untuk meredakan gatal yang di alami saat menderita penyakit cacar air.

Di bawah ini adalah beberapa tips meredakan gatal pada penyakit cacar air yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Mandi

Siapa bilang ketika sedang sakit cacar air kita tak boleh mandi? Bahkan saat rasa gatal yang Anda alami sedang memuncak Anda di sarankan untuk mandi dengan air hangat untuk membuat kulit Anda merasa hangat dan nyaman sehingga sedikit reda gatalnya.

  • Memakai kompres

Untuk meredakan gatal pada cacar air Anda juga bisa mengompres bagian yang terkena cacar air dengan kain yang menyerap air dan menggunakan air dingin. Atau bisa juga dengan membuat bubur oat meal yang kemudian di balurkan ke seluruh tubuh sehingga memberikan efek dingin di tubuh.

  • Memakai pakaian longgar

Dan cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik seperti katun. Dengan begitu keringat tidak akan sempat membuat kulit tubuh Anda lebih gatal lagi saat sedang menderita cacar air.

Gatal yang juga dikenal dengan nama pruritus dalam dunia medis adalah sebuah kondisi atau gejala yang bisa disebabkan oleh banyak hal.

Gatal yang dipicu oleh penyakit kulit atau penyakit dalam memang membutuhkan penanganan dari dokter. Namun bila gatal lebih ringan, Anda bisa mencoba berbagai bahan alami ini sebagai obat untuk mengatasinya.

Gatal malam merupakan rasa gatal yang biasanya terjadi pada malam hari dan dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Padahal, tidur malam sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat data Healthline dipublikasikan, hal ini mungkin disebabkan oleh ritme harian atau siklus harian alami tubuh, yang juga memengaruhi fungsi kulit seperti pengaturan suhu, keseimbangan cairan, dan perlindungan penghalang. Fungsi ini berubah pada malam hari.

Misalnya suhu tubuh dan aliran darah ke kulit meningkat di malam hari. Baca Juga: Alergi Udang: Khasiat Dan Cara Mengatasinya Juga meningkatkan suhu kulit, yang bisa memicu timbulnya rasa gatal. Selain itu, hormon sitokin yang meningkatkan peradangan juga meningkat pada malam hari. Selain faktor tersebut, kulit juga kehilangan lebih banyak cairan di malam hari, yang juga bisa memicu rasa gatal. Penyakit tertentu Selain faktor sirkadian yang merupakan sirkulasi alami tubuh, penyakit tertentu juga dapat menyebabkan rasa gatal yang parah di malam hari.

Mungkin beberapa bahan alami ini aman untuk kulit gatal.

Namun, pengobatan alami tidak bisa dijadikan solusi utama, apalagi jika rasa gatal tidak kunjung hilang atau Anda memiliki kondisi kulit lain. Obat gatal dari dokter niscaya akan tetap menjadi solusi yang paling cocok.

Selain itu, tidak semua orang cocok untuk aplikasi obat alami. Paparan zat ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap bahan tertentu. Selain itu, tanyakan kepada dokter agar penggunaan obat anti gatal aman dan tidak menimbulkan masalah yang serius.